Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bagaimana cara Kita merawat dan memelihara Ikan Mas Koki dengan baik!

Rabu, 20 September 2023 | September 20, 2023 WIB Last Updated 2023-09-20T06:22:23Z
Bagaimana cara Kita merawat dan memelihara Ikan Mas Koki dengan baik!


Pada buku berjudul Pembenihan Ikan Mas Koki menjelaskan bahwa ikan mas koki mempunyai tubuh buntal dengan gerakan yang gemulai dengan warna yang indah.

Ikan mas koki merupakan versi domestikasi budidaya dari ikan spesies Carassius auratus yang dominan tidak berwarna terlalu cerah di habitat aslinya, yakni Asia Timur.

Adapun cara merawat ikan mas koki agar cepat besar dan tidak mudah mati, yaitu:


1. Memilih Wadah yang Tepat

Tempat ikan mas koki bisa di akuarium bentuk kotak atau mangkuk. Namun, ukurannya harus bisa menampung ikan mas koki hingga tumbuh besar.

Biasanya besar akuarium mempertimbangkan juga kebutuhan ruang untuk meletakkan aksesoris. Ikan mas koki sendiri juga membutuhkan ruang yang cukup agar bisa bergerak dengan bebas.


2. Pemberian Pakan yang Benar

Jangan kebanyakan memberikan pakan ikan mas koki. Cukup beri makanan sehari sekali saja.

Rekomendasi makanan yang bisa dipilih, mulai dari cacing sutra, kutu air, jentik nyamuk, hingga pelet. Jangan juga kebanyakan memberikan makan ke ikan sebab ikan akan stres, sakit, atau mati.


3. Menjaga Kondisi Air

Ikan mas koki membutuhkan air untuk bertahan hidup. Maka dari itu, jaga kualitas air agar tetap terjamin. Lakukan pembuangan sebagian air akuarium dan ganti dengan yang baru.


4. Menjaga Kebersihan Akuarium

Perhatikan kebersihan akuarium agar ikan mas koki tidak gampang mati. Ikan ini sebenarnya merupakan ikan yang cukup berantakan.


Tidak heran aquarium yang sudah tertata bisa amburadul. Jadi, harus sering-sering membersihkan aksesoris, menghilangkan kotoran, lendir, serta alga.


5. Jangan Mencampur dengan Ikan Lain

Memelihara ikan mas koki sebaiknya tidak dicampurkan dengan ikan jenis lain. Ikan mas koki ini adalah jenis ikan yang tenang dan tidak cocok bergaul dengan jenis ikan lainnya. Jika sampai dicampur dengan jenis ikan lain yang agresif, ikan mas koki akan cepat mati.


Itulah cara merawat ikan mas koki agar cepat besar dan tidak mudah mati yang perlu diketahui. Semoga membantu!
Sumber: Maria Orlova/Pexels.com


×
Berita Terbaru Update